10 Film Disney Yang Inspirasional Bagi Para Wanita

| Tidak ada komentar

10 Film Disney Yang Inspirasional Bagi Para Wanita

10 film animasi Disney berikut berhasil membuktikan bahwa tak selamanya putri-putri dalam dongeng hanya perlu tampil cantik dan bersuara merdu untuk memikat pangeran pujaan hatinya. Bahkan, di antara mereka ada yang beraksi sendiri dengan sepak terjang yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Di masa lalu, akan sangat sulit untuk menemukan film animasi Disney yang mengisahkan perjuangan tokoh utama wanitanya dengan begitu berani. Beberapa film yang diangkat dari buku dongeng relatif memiliki plot klise; seorang putri berada dalam bahaya dan memerlukan pangeran tampan untuk menolongnya.

Namun, tokoh-tokoh dalam film animasi Disney di bawah ini memiliki inisiatif yang sangat inspirasional untuk menjadi panutan para kaum hawa. Baik perlawanan dalam bentuk fisik, verbal, tekad, maupun sekedar pemikiran, mereka bisa menghadirkan keberanian yang luar biasa dan relevan dengan persoalan sosial di masa kini.

10. The Incredibles

Satu-satunya hal yang membuat film ini ada di urutan ke-10 adalah konsepnya sebagai film keluarga, sehingga tidak semata-mata berfokus pada kehebatan tokoh wanita yang dihadirkannya. Meskipun demikian, sepak terjang Elastigirl atau Mrs. Incredibles dalam film ini tak bisa dipungkiri.

Baca juga: Naskah Star Wars Episode IX Nyaris Bocor, John Boyega Akui Lalai

Sosok Elastigirl sebagai ibu rumah tangga super merupakan perekat yang menyatukan keluarga Incredibles. Ia tampak menjadi tokoh paling rasional yang "membereskan" hampir semua masalah akibat kecerobohan dan ambisi suaminya. Peran vital ini semakin terlihat di film kedua, ketika Mr. Incredible dan anak-anaknya benar-benar keteteran saat Elastigirl diplot menjadi "pencari nafkah" dalam keluarganya.

9. Lilo & Stitch

Seperti The Incredibles, film animasi yang cukup lawas ini sebenarnya tak terlalu menyoroti aksi tokoh wanitanya. Namun, Lilo & Stitch berhak masuk dalam daftar ini karena memiliki salah satu karakter wanita yang ketegarannya tak bisa diremehkan. Ia adalah Nani, kakak sekaligus satu-satunya anggota keluarga yang membesarkan Lilo di kota kecil tempat mereka tinggal.

Nani masih belia, tapi ia merupakan pekerja keras yang tak bergantung pada siapapun untuk menafkahi dirinya dan adiknya. Yang lebih menarik lagi, Nani juga tak ketinggalan mendidik Lilo untuk menjadi pribadi yang baik, ramah, ceria, dan bertanggung jawab.

8. Beauty and the Beast

Belle memang tak memiliki kekuatan super seperti Elastigirl, tapi tokoh yang satu ini memiliki pemikiran yang progresif di masanya. Selain karena ia lebih hobi membaca daripada mengikuti stereotype gadis-gadis lain dari desanya, Belle juga selalu berangan-angan untuk mencari tahu kehidupan di luar tempat tinggalnya.

"There must be more than this provincial life" adalah kalimat pembuka di film Beauty and the Beast yang dilontarkan Belle, mengindikasikan keingintahuan dan keyakinannya akan suatu dunia yang lebih lebar, lebih baik, dan lebih berwawasan luas.

Ketika tokoh putri yang lain mengharapkan kehadiran seorang pangeran untuk menyelamatkan mereka, Belle justru menjadi tokoh krusial yang menyelamatkan Beast dari kutukannya. Dengan keunikan pribadinya, ia juga menyadarkan Beast dari kemarahan, keputusasaan, dan arogansi yang membuatnya mendapat kutukan.

"Saya ingin membuat tokoh wanita utama yang tidak hanya mengandalkan kecantikan dan ketabahannya saat menghadapi cobaan," ungkap penulis Linda Woolverton saat ditanya mengenai karakter Belle dalam film Beauty and the Beast versi Disney yang dikerjakannya.

7. Tangled

Diadaptasi dari kisah dongeng Rapunzel, Disney melakukan banyak sekali perubahan yang membuat film ini layak mendapatkan pengakuan tersendiri sebagai dongeng relevan di era modern.

Kisah pelarian Rapunzel dibuat sedemikian rupa hingga menjadi suatu petualangan utuh yang menampilkan kompleksitas dan sepak terjang tokoh tersebut. Tidak hanya itu, Rapunzel juga terbukti bisa menyelamatkan diri sendiri dan bahkan berulangkali menyelamatkan Flynn Rider yang menjadi "pemandunya".

Barangkali yang lebih menarik lagi dari film ini adalah karakter Flynn Rider sendiri yang dipasangkan dengan Rapuzel. Alih-alih beridentitas sebagai pangeran, ia merupakan pencuri kambuhan yang memiliki sejuta cara untuk mengelabui korban-korbannya. Untungnya, Flynn memiliki moral yang baik sehingga ia tidak berniat memanipulasi Rapunzel demi keuntungannya sendiri.

6. The Princess and the Frog

Hampir mirip seperti Tangled, Disney melakukan beberapa perubahan dalam kisah dongeng The Princess and the Frog yang dirilis pada tahun 2009 silam.

Di sini, Tiana yang menjadi sentral cerita bukanlah seorang putri, melainkan pekerja keras yang bercita-cita memiliki tempat usahanya sendiri. Demi mewujudkan impiannya, ia rela bekerja di beberapa tempat sekaligus sebagai pelayan.

Keinginan Tiana pada akhirnya tercapai setelah ia dengan tulus menolong seorang pangeran yang dikutuk menjadi katak. Meski tidak berlatar belakang sebagai putri kerajaan, Tiana jelas memiliki dedikasi dan kebaikan hati yang patut menjadi teladan.

5. Pocahontas

Kerap dikritik karena perbedaan cerita yang ditampilkan dari legenda aslinya, Pocahontas versi Disney tetap melenggang sebagai tontonan yang diapresiasi sebagai film animasi. Selain cerita yang solid dan soundtrack yang oke punya, film yang dirilis pada tahun 1995 ini juga digawangi oleh karakter utama yang begitu mengesankan; siapa lagi kalau bukan Pocahontas sendiri.

Sebagai putri kepala suku yang daerahnya tengah menghadapi ancaman kolonisasi dari pihak asing, Pocahontas berusaha menjadi komunikator yang menjembatani hubungan antara sukunya dan para pendatang baru. Berkat aksinya, pertumpahan darah dalam skala masif bisa dicegah.

Lebih dari itu, ending film Pocahontas juga berhasil membuktikan sosoknya sebagai putri yang lebih mengutamakan kedamaian suku dan keselamatan rakyatnya, ketimbang perasaannya yang sebenarnya telah tertambat pada sosok John Smith.

4. Frozen

Berbicara soal tokoh wanita inspirasional dari film Disney, tentu tidak lengkap rasanya bila tidak membahas Elsa dan Anna dari Frozen. Ya, keduanya merupakan duo kakak beradik yang mewarisi takhta sebuah kerajaan besar. Keinginan Disney untuk menonjolkan sosok putri-putri yang tangguh melalui Elsa dan Anna bisa tersampaikan dengan sempurna.

Elsa khususnya, memiliki storyline yang begitu mengesankan sebagai seorang Ratu dengan kemampuan khusus. Perjalanannya untuk tak lagi menyembunyikan kekuatan dan jati dirinya membawa Anna turut berpetualang dan menampilkan pengorbanan luar biasa.

Dinamika antara kedua putri inilah yang membuat Frozen begitu inspirasional bagi banyak kalangan. Selain keberanian untuk menjadi diri sendiri dan pengorbanan bagi orang yang dikasihi, Frozen sekali lagi membuktikan bahwa kehadiran seorang pangeran berkuda putih tak begitu dibutuhkan.

3. Moana

Satu lagi putri yang berani mendobrak paradigma untuk mencari solusi adalah Moana. Jika Pocahontas berupaya melindungi kaumnya dari penjajahan kaum asing, Moana justru melaksanakan tanggung jawabnya sebagai putri kepala suku dengan berlayar ke samudera.

Aksi tersebut juga bukan merupakan titah dari ayahnya, melainkan inisiatifnya sendiri yang tak terbendung bahkan oleh larangan dari keluarganya sekalipun.

Tindakan yang awalnya terkesan nekat itu pada akhirnya menuntun Moana pada petualangan bersama seorang demigod, Maui, yang pada awalnya meremehkannya. Namun dengan tekad bulat dan determinasi yang mengagumkan, Moana berhasil menggandeng Maui untuk mendukung rencananya.

Meskipun Maui berjuang habis-habisan untuk menyelamatkan nyawa Moana dalam berbagai adegan, pada akhirnya, Moana-lah yang bisa mengatasi perlawanan monster paling menakutkan di film ini. Ia juga berhasil memberikan masa depan cerah pada sukunya, dan membangkitkan keberanian kaumnya untuk kembali berlayar di lautan lepas.

2. Brave

Tokoh utama dalam film ini, Merida, adalah seorang putri yang terlahir dari keluarga kerajaan Skotlandia. Bukannya mematuhi protokol istana yang mengharuskannya tumbuh sebagai sosok yang lemah lembut dan siap dinikahkan dengan pangeran dari kerajaan lain, ia justru mengembangkan hobi dalam memanah dan berkuda.

Sikap tomboy ini didukung seratus persen oleh ayahnya, tapi selalu dikritik oleh ibunya. Ketika Merida dengan sengaja mensabotase turnamen yang diadakan untuk memperebutkan dirinya, konflik antara Merida dengan Sang Ratu pun memuncak.

Cerita kemudian beralih pada pelarian Merida, teror monster, dan kutukan yang menghantui keluarganya. Resolusi Brave yang lebih berfokus pada hubungan ibu dan putrinya mungkin sedikit mengalihkan perhatian Audience dari sifat pemberontak Merida.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa penokohan Merida dalam film ini telah menjadikannya sebagai sosok putri Disney yang berani menentang aspek tradisional seperti perjodohan.

1. Mulan

Tidak ada yang lebih harfiah dari penjelmaan tokoh wanita Disney yang tangguh selain Mulan. Karakter ini secara nyata memungkiri tradisi wanita di keluarganya untuk menyelamatkan sang ayah dari panggilan negara, menyamar menjadi laki-laki, dan mengikuti pelatihan militer bersama tentara lelaki lainnya.

Meski pada awalnya kerepotan, komitmen dan aksi Mulan yang gesit membuatnya bertahan dalam kelompok prajurit yang diikutinya. Ia bahkan mendapat respek dari pimpinan pasukan yang sangat disegani.

Ketika jati dirinya telah terungkap, Mulan tak lantas menyerah. Ia tetap berupaya sebisa mungkin untuk menyelamatkan negaranya dari ancaman kelompok Mongol yang bengis.

Keberanian Mulan dalam mempertaruhkan nyawanya membuat ia disegani banyak kalangan. Tak heran jika penggambaran karakternya tetap dianggap legendaris meski 20 tahun lebih sudah berlalu sejak peluncuran film animasinya. Bahkan, Disney akan menghidupkan kembali antusiasme penonton terhadap petualangan Mulan lewat film Live Action yang siap meluncur tahun 2020.


Demikianlah daftar film Disney yang membawa pesan inspirasional melalui tokoh-tokoh utama wanitanya. Apabila Anda memiliki panutan Disney lain atau memiliki pendapat yang berlainan dari urutan di atas, silahkan mengirimkan komentar pada kolom di bawah ini.

Tag: , , , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi