10 Aktor Top Yang Belum Pernah Mencicipi Nominasi Oscar

| Tidak ada komentar

10 Aktor Top Yang Belum Pernah Mencicipi Nominasi Oscar

Jangankan dapat piala, masuk nominasi Oscar saja belum pernah. Mengapa aktor-aktor berikut ini begitu "apes" padahal kebolehan akting mereka sudah layak diganjar penghargaan Academy Awards?

Mendekati akhir tahun, semakin dekat pula kita dengan musim penghargaan yang biasanya akan memuncak dengan pagelaran Oscar di awal tahun berikutnya. Karena itu, banyak media bergengsi mulai merilis prediksi Oscar dalam periode ini.

Namun di tengah maraknya spekulasi tersebut, ada fakta ironis yang terus menjadi pusat perhatian dalam setiap event Oscar. Apalagi kalau bukan aktor-aktor dan film-film yang "kecolongan" alias tidak masuk nominasi, padahal mereka dianggap sangat layak mendapatkannya.

Dari sekian banyak kandidat, ada 10 aktor top yang secara khusus dikenal secara luas sebagai performer hebat tapi belum pernah masuk nominasi Oscar sama sekali. Siapa sajakah mereka?

Baca juga: 8 Tokoh Film Yang Hanya Bisa Diperankan 1 Aktor

10. Daniel Craig

Aktor berkebangsaan Inggris ini memang paling dikenal sebagai pemeran James Bond abad 21, tapi bukan berarti ia tak bisa diandalkan untuk melakoni film-film drama berbobot yang biasanya lebih menuntut skill akting tingkat dewa.

Daniel Craig telah membuktikan diri sebagai protagonis tak bernama di Layer Cake, ahli bobol brankas di Logan Lucky, dan yang paling fenomenal, sebagai jurnalis Mikael Blomkvist di The Girl with the Dragon Tattoo arahan David Fincher.

Ketiga film tersebut sama-sama mendapat apresiasi tinggi dari para kritikus. The Girl with the Dragon Tattoo bahkan mempersembahkan nominasi Oscar untuk lawan main Daniel Craig, yakni Rooney Mara. Namun sayangnya, Daniel Craig sendiri kurang diperhitungkan untuk mengisi daftar nominasi Best Actor atau Best Supporting Actor lewat film-film tersebut.

9. Ann Miller

Sebagai figur ternama di kancah drama musikal pada era keemasan Hollywood, Ann Miller telah menggondol banyak penghargaan, termasuk plakat bintang pada Hollywood Walk of Fame. Namun sayang, tidak ada satupun dari penghargaan itu yang berasal dari Academy Awards dan dipersembahkan untuk prestasinya secara personal. Padahal, masa kejayaannya bertepatan dengan popularitas teater dan drama musikal yang menjadi bidang keahliannya.

Ann Miller aktif dikenal pada tahun 1930 hingga 1940-an. Beberapa film prestisiusnya antara lain Easter Parade, On The Town, dan You Can't Take It with You yang mendapat piala Best Picture.

Tidak seperti Daniel Craig yang masih berpeluang mendapat nominasi Oscar di film-filmnya di masa depan, Ann Miller sudah tak mungkin memperolehnya karena telah meninggal dunia pada tahun 2004 silam. Film terakhirnya adalah Mulholland Drive besutan David Lynch yang dirilis pada 2001.

8. Guy Pearce

Guy Pearce nominasi Oscar

Guy Pearce tidak hanya underrated di kalangan kritikus, tapi juga bagi golongan mainstream. Padahal, aktor asal Australia ini sudah malang melintang selama lebih dari 30 tahun di industri perfilman. Ia telah mendapatkan penghargaan tertinggi di layar kaca (Emmy Award untuk perannya di Mildred Pierce), tapi belum ada nominasi Oscar yang menghiasi daftar prestasinya.

Menurut Jack Cunningham dari WhatCulture, hal itu cukup disayangkan mengingat Guy Pearce adalah aktor bertalenta yang bisa menyerupai bunglon ketika ia beradaptasi dengan berbagai perannya yang menantang. Mulai dari Raja Edward VIII di The King's Speech, waria bernama Felicia Jollygoodfellow di The Adventures of Priscilla, hingga tokoh Villain Aldrich Killian di Iron Man 3 menjadi pembuktian darinya.

Lebih dari itu, ia juga menunjukkan kebolehan yang tak bisa dipandang sebelah mata lewat film Memento, The Proposition, The Rover, dan Lawless. Memento yang diarahkan oleh Christopher Nolan diganjar banyak sekali pengakuan positif, tapi tampaknya itu belum cukup untuk menghadirkan nominasi Oscar pada Guy Pearce yang menjadi pemeran utamanya.

7. Isabella Rossellini

Isabella Rosellini nominasi Oscar

Nama aktris yang moncer di akhir 1980-an hingga 1990-an ini mungkin tak terlalu terdengar sekarang. Namun, putri bintang legendaris Ingrid Bergman dan sutradara Roberto Rosellini tersebut pernah menggaet atensi para pengamat melalui peran-perannya di film Blue Velvet dan Death Becomes Her.

Di Blue Velvet, ia berperan sebagai korban KDRT yang diam-diam berselingkuh dengan lelaki lain. Pertentangan moral yang dihadirkan oleh karakternya menuai banyak pujian, karena Isabella berhasil menggambarkan sisi gelap nan surealis yang melengkapi konsep Blue Velvet dengan begitu sempurna. Tiga tahun setelah rilis film tersebut, Isabella bermain di film romantis yang lebih hangat dan memerankan tokoh yang benar-benar berbeda dari karakternya di Blue Velvet.

Selanjutnya, di bawah arahan Robert Zemeckis, Isabella Rosellini menjelma jadi sosialita penuh misteri di film Death Becomes Her. Ia mendapat penghargaan Saturn Awards melalui performa tersebut, tapi gagal meraih nominasi Oscar.

6. John Goodman

John Goodman nominasi Oscar

Salah satu jebolan Saturday Night Live ini merupakan salah aktor watak yang tak kurang mendapat sorotan di Hollywood. Padahal, John Goodman konsisten bekerjasama dengan Coen bersaudara dalam film-film high profile, dimana ia sukses membawakan karakter-karakter mengesankan.

Salah satu yang paling menonjol adalah perannya sebagai veteran perang Walter Sobchak di The Big Lebowski. Goodman juga menunjukkan performa mengagumkan sebagai Charlie Meadows di film Barton Fink.

Tak jauh berbeda dari naskah Coen bersaudara yang penuh ciri khas, John Goodman memiliki skill akting mumpuni di berbagai genre, baik untuk membawakan karakter yang baik dan penuh cinta kasih ataupun pembunuh berdarah dingin. Hebatnya lagi, ia bisa membawakan semua itu dalam penghayatan yang konsisten dengan karakterisasi tokoh yang diperankannya.

Saat ini, John Goodman lebih aktif di TV ketimbang layar lebar, sehingga peluang pengakuan insan film untuk peformanya di masa-masa mendatang boleh jadi sangat kecil. Satu-satunya proyek akbar yang bisa diantisipasi darinya saat ini barangkali adalah film spin-off Monsters, Inc.

5. Pam Grier

Pam Grier nominasi Oscar

Didaulat sebagai salah satu aktris film laga paling orisinil di Hollywood tak lantas mengamankan nama Pam Grier dari daftar bintang yang pernah kecolongan dalam nominasi Oscar.

Mengawali karir di awal tahun 1970-an, Grier melejit lewat film Coffy yang kemudian membuatnya terjebak memerankan tokoh dengan profil serupa dalam beberapa tahun berikutnya. Sekalipun begitu, ia tetap memukau audience terutama lewat film Foxy Brown yang kemudian menjadi hits.

Akting Pam Grier yang dianggap menggebrak pada masanya bahkan membuat sutradara sekelas Quentin Tarantino ngefans padanya dan mendedikasikan satu film untuk sang bintang. Film berjudul Jackie Brown itu lantas dibintangi sendiri oleh Pam Grier bersama Samuel L. Jackson dan menuai banyak pujian. Sayangnya, Academy sama sekali tak memasukkan nama Grier di daftar nominasi untuk Jackie Brown, meski kehebatan sang aktris sudah diakui di Golden Globe Awards.

4. Jeff Goldblum

Jeff Goldblum nominasi Oscar

Di era film-film MCU seperti saat ini, Jeff Goldblum barangkali paling dikenal sebagai pemeran The Grandmaster yang berkuasa di Planet Sakaar (Thor: Ragnarok). Namun sejatinya, aktor yang akrab diasosiasikan dengan peran-peran komedi nan eksentrik ini sangat piawai membawakan berbagai peran dramatis yang seharusnya cukup untuk mengantarkannya dalam daftar nominasi Oscar.

Perlu dicatat, peran-peran tersebut kebanyakan tak datang dari daftar filmografinya di tahun 2000-an, bukan pula dari film-film Blockbuster era 1990-an seperti Jurassic Park dan Independence Day yang dibintanginya. Jeff Goldblum justru menorehkan banyak sekali catatan manis sebagai aktor kaliber di era 1980-an, terutama melalui film The Fly (1986) yang membuatnya memenangkan piala Best Actor di Saturn Award.

Selain itu, perannya sebagai jurnalis di The Big Chill (1983) dan ahli mesin di film komedi Into The Night (1985) juga cukup mencuri perhatian para kritikus. Ketika diminta memainkan tokoh Villain dengan pembawaan yang garang, Jeff Goldblum sukses membuktikan kemampuannya lewat film Mister Frost (1990).

Jeff Goldblum pernah mendapat nominasi Oscar melalui film pendek yang dibesutnya pada tahun 1996, Little Surprises. Namun, karena pengakuan itu ditujukan untuk mengapresiasi kapasitas Goldblum sebagai sutradara, maka bisa dipastikan bahwa aktor favorit netizen AS ini memang sama sekali belum dinominasikan atas kemampuannya sebagai pelaku peran.

3. Jamie Lee Curtis

Jamie Lee Curtis nominasi Oscar

Dari film-film horor fenomenal seperti Halloween, sajian komedi yang tak kalah ikonik seperti Trading Places dan A Fish Called Wanda, hingga peran dramatis di film thriller Blue Steel dan drama romantis Forever Young; semua pernah dibawakan dengan baik oleh Jamie Lee Curtis.

Di film reboot Halloween yang baru meluncur tahun 2018 silam, bintang keturunan aktris legendaris Vivien Leigh ini bahkan berhasil melampaui ekspektasi semua pihak dengan membawakan karakter Laurie Strode yang didera trauma berat dan menunjukkan pergolakan intens dengan masa lalunya. Ini bisa dikatakan sebagai salah satu faktor kunci yang menjadikan film reboot Halloween tak jadi dipandang sebelah mata.

Akan tetapi, sepanjang 4 dekade karir Jamie Lee Curtis, ia belum pernah sekalipun mendapat nominasi Oscar meski media, audience, dan kritikus sudah mengakui penampilan solidnya di berbagai film.

2. Jim Carrey

Jim Carrey nominasi Oscar

Siapa tak kenal Jim Carrey? Aktor yang selalu total memerankan tokoh-tokoh ikonik ini merupakan salah satu figur paling terkenal di ranah komedi (Ace Ventura, The Mask, Yes Man, dll.). Meskipun begitu, bukan berarti Jim Carrey tak bisa berpartisipasi di film drama yang lebih menuntut akting dengan pendalaman karakter daripada sekedar gimmick.

Faktanya, ia pernah menjadi pemeran utama dalam film The Truman Show dan Man On The Moon yang mengorbitkannya dalam radar kritikus sebagai aktor ciamik. Carrey mendapatkan nominasi Golden Globe untuk dua film tersebut, sehingga cukup wajar bila absensinya dalam nominasi Oscar kemudian banyak dipermasalahkan oleh berbagai pihak.

Terlepas dari kontroversi Jim Carrey di dua film di atas, aktor kelahiran Kanada ini juga diakui kebolehannya dalam film Eternal Sunshine Of The Spotless Mind yang diperankannya bersama Kate Winslett. Namun sayangnya, ia lagi-lagi tak mendapat pengakuan resmi di ajang penghargaan film paling bergengsi.

Kecolongan itu tentu sangat disayangkan, mengingat Jim Carrey telah memerankan begitu banyak karakter yang terbukti mustahil diperankan oleh aktor lain selain dirinya.

1. Alan Rickman

Alan Rickman nominasi Oscar

Mendiang Alan Rickman adalah salah satu aktor legendaris Inggris yang oleh banyak penggemar film dikenal sebagai Profesor Snape di film-film Harry Potter. Namun di luar itu, Alan Rickman sebenarnya memiliki karir yang panjang dan dipadati oleh peran-peran fenomenalnya di berbagai film berkualitas.

Beberapa contohnya adalah ketika ia menjadi tokoh villain Hans Gruber di film pertama Die Hard, juga saat ia berpartisipasi sebagai Kolonel Brandon di Sense and Sensibility. Aktor yang sangat diakui kepiawaiannya di dunia teater ini menjadi pusat kontroversi Oscar di tahun 1991, tepatnya setelah ia gagal mendapat nominasi Oscar lewat perannya di Truly, Madly, Deeply.

Untungnya, ajang penghargaan lain tak menutup mata terhadap talenta yang dipersembahkan Alan Rickman. Sejak debut di industri perfilman di akhir 1970-an, ia sudah mengantongi minimal satu nominasi dan piala di berbagai ajang penghargaan mayor seperti Emmy Awards, Golden Globe Awards, BAFTA, dan Screen Actors Guild Awards; ini belum termasuk pengakuan dari event kritikus regional yang tak kalah bergengsi seperti San Diego Film Critics Society Awards.


Eksistensi ke-10 aktor di atas membuktikan bahwa keputusan dewan Academy tak selalu memberikan apresiasi pada pihak-pihak yang dianggap layak mendapatkannya. Sekalipun begitu, terbukti bahwa gelar Oscar sama sekali tak dibutuhkan oleh beberapa aktor di atas untuk membuktikan kepiawaian mereka.

Jim Carrey masih konsisten dikenal sebagai aktor dengan keahlian ekspresi yang tak terkalahkan, Jamie Lee Curtis juga mendapat respek sebagai salah satu aktris veteran yang disegani, begitu pula halnya dengan Ann Miller, Jeff Goldblum, John Goodman, Guy Pearce, dan Alan Rickman.

Tak menutup kemungkinan bagi Daniel Craig untuk mengikuti jejak mereka sehingga ia tak perlu terlalu memusingkan titel dari Oscar. Selama ia tak menghilang dari radar dan jeli memilih film-film berkualitas, namanya tak akan cepat tenggelam seperti halnya John Goodman, Isabella Rosellini, dan Pam Grier.

Manakah di antara aktor-aktor di atas yang menjadi favorit Anda? Apakah menurut Anda ia masih berpeluang untuk menggondol piala Oscar?

Tag: , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi