Poster Film Aamir Khan

54 tahun

Aamir Khan

Aamir Khan, aktor dan sutradara asal India, kelahiran 14 Maret 1965 ini terkenal diberbagai sinema India maupun internasional. Aamir Khan mulai tampir sebagai aktor cilik di film pamannya yang berjudul Yaadon Ki Baaraat (1973). Aamir Khan menerima berbagai penghargaan, termasuk National Film Awards dan delapan penghargaan Filmfare Awards. Aamir Khan diberikan penghormatan dengan penghargaan Padma Shri (penghargaan sipil tertinggi keempat di Republik India) pada tahun 2003 dan penghargaan Padma Bhushan di tahun 2010.

Pada tahun 2001, Khan memulai sebuah perusahaan produksi pertama bernama Lagaan, berkat itu, ia dinominasikan Academy Award for Best Foreign Language Film dan mendapatkan National Film Award untuk Film Populer Terbaik. Setelah absen empat tahun dari layar kaca, Khan terus memainkan sebagai peran utama, terutama di tahun 2006 hits box-office: Fanaa and Rang De Basanti. Di tahun berikutnya, ia membuat debutnya sebagai sutradara dalam film Taare Zameen Par, yang membuatnya sukses besar dengan mendapatkan Filmfare Awards untuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Keberhasilan komersial terbesar dari Aamir Khan datang dengan film thriller Ghajini (2008), komedi-drama 3 Idiots (2009), film aksi Dhoom 3 (2013), film satir PK (2014) dan film biografi Dangal dan dicatat sebagai film Bollywood paling sukses sepanjang masa.

Selain karirnya dalam akting, Ammir Khan juga berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan di antaranya memicu berbagai kontroversi politik. Dia telah menciptakan sekaligus menjadi pembawa acara dalam talk show Satyamev Jayate, sebuah talk show yang menyoroti isu sosial yang 'sensitif' di India. Aamir Khan menikah dengan istri pertamanya, Reena Dutta, selama lima belas tahun. Setelah itu ia menikah dengan sutradara film Kiran Rao, ia memiliki tiga anak—dua dengan Reena Dutta dan satu anak dengan Kiran Rao.

Daftar film yang dibintangi Aamir Khan