Poster Film Jamie Foxx

52 tahun

Jamie Foxx

Eric Morlon Bishop lahir di Terrel, Texas 13 desember 1967 adalah seorang aktor, komedian dan penyanyi berbakat yang telah membuktikan bahwa dirinya adalah sebuah ancaman yang besar pada dunia perfilman Holywood dengan kesuksesannya di dunia seni peran.

Setelah perceraian kedua orang tuanya, Jamie Foxx lantas diadopsi oleh kakek neneknya pada usia kurang dari satu tahun. Ketertarikannya pada dunia musik telah membawanya meraih sebuah beasiswa pada US International University di San Diego dimana ia mulai menemukan bakatnya sebagai seorang entertainer setelah teman-teman kuliahnya pada suatu malam mendorongnya untuk mulai Open Mic di sebuah comedy club kampusnya.

Pada tahun 1991 Jamie meninggalkan kuliahnya dan memutuskan untuk pindah ke Los Angeles demi memulai karirnya sebagai seorang komedian, ia pun mendapatkan peran tetap pada variety show In Living Color. Jamie juga sempat merilis album musiknya yang bergendre smooth RnB , Peep This pada tahun 1994, hits nya yang berjudul Infatuation sempat berada diurutan ke 12 pada chart lagu Hip Hop kala itu. Pada tahun yang sama Jamie Foxx meninggalkan In Living Color dan ditawari untuk membintangi acaranya sendiri The Jamie Foxx show pada tahun 1996.

Saat show nya berakhir pada tahun 2001, Jamie mulai dilirik sebagai seorang aktor berbakat dan karirnya pada layar lebar pun dimulai, ia membintangi film any Given Sunday (1999), Ali, Collateral dan film biography Ray Charles berjudul Ray, Jamie Foxx memenangkan dua penghargaan (Academy Award dan Gloden Globe) sekaligus untuk perannya sebagai Ray Charles pada film tersebut.

 

Daftar film yang dibintangi Jamie Foxx