Poster Film Tom Cruise

55 tahun

Tom Cruise

Thomas Cruise Mapother IV lahir di Syracuse, New York 3 Juli 1962 adalah produser dan aktor yang menghabiskan sebagian masa kecilnya tinggal bersama keluarganya di Kanada, dimana ia mulai mengambil kelas drama di sekolahnya. Pada usia 11 tahun kedua orang tuanya bercerai, Tom Cruise dan ketiga saudari serta ibunya pindah ke Louisville, Kentucky. Semasa remajanya ia pernah mengidap dyslexia yang menyebabkan keterhambatannya di dunia akademik, namun pencapaiannya pada bidang atletik cukup baik dan membawanya mengejar karir sebagai pegulat profesional hingga ia mengalami cedera lutut serius pada saat SMA. Pada usia 16 tahun ia terlibat dalam produksi musikal di sekolahnya, Guys And Dolls, setelah pementasan itu karirnya pada dunia seni peran pun dimulai.

Tom Cruise memberikan batas waktu 10 tahun pada dirinya sendiri untuk membangun karir aktingnya, ia pun meninggalkan sekolah dan pindah ke New York untuk mewujudkannya. Berjuang dari audisi satu ke audisi lainnya akhirnya ia berhasil mendapatkan peran kecilnya untuk  film drama romantis Endless Love dan Taps pada tahun 1981.

Pada tahun 1986 Tom Cruise mulai membintangi film dengan anggaran besar berjudul Legend, walaupun film itu terbilang sebagai salah satu film yang tidak meraup kesuksesan pada box office namun di tahun yang sama Tom juga membintangi film Top Gun yang akhirnya menjadi pintu kesuksesannya di dunia entertainment.

Aktor tampan ini telah berulang kali meraih penghargaan di berbagai ajang perfilman, diantaranya ia pernah  memenangkan 3 penghargaan pada Golden Globe Award dan tiga kali penghargaan pula untuk Academy Award.

Daftar film yang dibintangi Tom Cruise