Poster Film A Quiet Place
  • 8.5/10

Film A Quiet Place (2018)

Sinopsis film A Quiet Place

Tetap diam tanpa bersuara adalah kunci untuk tetap selamat. Keluarga yang terdiri dari pasangan suami istri dan 2 orang anak harus hidup dalam kesunyian. Karena mahluk misterius yang memburu mangsanya melalui suara akan menyerang jika mereka membuat suara.

Adegan selama kredit film: Tidak Ada
Adegan setelah kredit film: Tidak Ada

Info Film

  • Tanggal Rilis 03 April 2018
  • Durasi 90 menit
  • Sutradara John Krasinski
  • Produser Michael Bay, Andrew Form, Brad Fuller
  • Produksi Paramount Pictures, Platinum Dunes
  • Distributor Paramount Pictures
  • Genre Horror, Thriller
  • Kelompok Umur 13+

Daftar pemain film A Quiet Place

Review & Ulasan film A Quiet Place

Film horor luar biasa dengan bumbu kisah haru keluarga yang minim dialog berlatarkan masa depan

| Ditulis oleh:

Awalnya saya ragu untuk menonton film ini. Pertama, ini film horor (saya penakut!). Kedua, sang sutradara yang juga ikut andil di depan layar, John Krasinki, film ini merupakan debutnya sebagai sutradara. Tapi, sebelum saya akan menontonnya, situs agregasi kritik film terpercaya, Rotten Tomatoes, mengganjarnya dengan nilai sempurna. Keraguan saya pun luntur.

Satu hal yang ditonjolkan di film ini. Keheningan. Hampir sepanjang 90% film berjalan tidak ada dialog manusia normal. Yang ada adalah penggunaan bahasa isyarat, tentu dengan subtitle. Entah kenapa saya merasa film ini sungguh sederhana, dengan minimnya dialog.  Walaupun tentu, kisah dan para pemerannya tidak sesederhana itu.

Konon diceritakan Bumi diserang makhluk antah berantah yang buta tetapi mempunyai pendengaran yang luar biasa tajam. Manusia hampir punah karena dibunuh oleh makhluk-makhluk itu. Hanya tinggal sedikit sekali dan masing-masing bersembunyi dalam hening. Pokok cerita film fokus pada keluarga Abbott.

Terlihat keluarga Abbott, sudah terbiasa dengan hidup seperti itu. Jalan ke mana-mana sampai ke kota tanpa alas kaki, demi menghindari suara yang tidak diinginkan. "Berbicara" seperlunya. Sangat kontradiktif dengan kehidupan keluarga dengan anak kecil yang lumrahnya berisik.

Dengan keadaan seperti itu, tidak menyurutkan keinginan pasangan Abbott untuk memiliki anak lagi setelah kehilangan si bungsu karena sewajarnya perilaku anak kecil yang rasa ingin tahunya besar. Penonton akan dibuat menahan napas saat adegan puncak Evelyn Abbott menyongsong kelahiran bayinya ditemani makhluk itu.

Relasi antara ayah-ibu dengan anak diekplorasi dengan sangat baik. Bagaimana rasa kasih sayang dan cinta orang tua harus dinyatakan bahkan dijelaskan langsung ke anak, secara harafiah. Anak dengan pemahaman yang masih minim akan menyimpulkan segala sesuatu dengan gegabah. Terlebih apabila ada kejadian yang membuat rasa bersalah itu muncul.

Millicent Simmonds berperan sebagai Regan Abbott yang betulan penyandang tuna rungu, mampu mencuri perhatian dengan ekspresi dan gesturnya. Pun Noah Jupe, sebagai anak pertama lelaki yang dituntut untuk bisa tumbuh dewasa dan mampu diandalkan melindungi adik dan ibunya tampil meyakinkan menjadi anak cowok yang penakut dan peragu.

Pasangan suami-istri Abbott yang diperankan oleh pasangan betulan juga, John Krasinki dan Emily Blunt, tak perlu diragukan lagi chemistry dan aktingnya. Selain sebagai aktor dan sutradara, John Krasinki juga menulis naskah otentik ini. Bisa dilihat film bikinannya ini ia kerjakan sepenuh hati. Ada scene kembang api mengingatkan saya bahwa ada sosok Michael Bay dibalik kursi produser yang identik dengan ledakan.

Menuju akhir film, terselip drama keluarga yang bikin haru dus tumbuh perasaan optimis bahwa masih ada harapan untuk membasmi makhluk embuh yang hampir tak punya kelemahan itu. Salah satu film horor/thriller terbaik tahun ini!

8.5/10

Penulis:

Mengaku diri sebagai fotografer sekaligus penggila film tapi takut film setan lokal.

Trailer film A Quiet Place

Berita A Quiet Place

Film Horor A Quiet Place Akui Kemiripan Dengan Jaws

Film Horor A Quiet Place Akui Kemiripan Dengan Jaws

| Tidak ada komentar

A Quite Place adalah film tentang sebuah keluarga yang harus menjaga kesunyian agar bisa selamat dari suatu teror. Sementara itu, Jaws merupakan film Hollywood klasik yang mengisahkan ancaman ikan hiu besar di suatu pesisir pantai. Kedua film itu jelas sangat berbeda, tapi produser A Quiet Place baru saja mengakui jika memang ada kemiripan antara filmnya […]

Komentar dan Review film A Quiet Place

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi