Poster Film Arrival
  • 8.2/10
  • 94%
  • 7/10

Sinopsis film Arrival

Ketika sekelompok pesawat luar angkasa berukuran besar mendarat di berbagai tempat di bumi, maka dikirim utusan beberapa orang untuk masuk ke pesawat luar angkasa tersebut. Mereka adalah ahli bahasa Dr. Louise Banks (Amy Adams), ahli matematika Ian Donnelly (Jeremy Renner) dan komandan pasukan USA, Weber (Forest Whitaker). Mereka harus mengungkap apa tujuan Alien tersebut & berkomunikasi dengan mereka dengan mempertaruhkan nyawa mereka dan tentu saja mempertaruhkan keselamatan umat manusia.

Adegan selama kredit film: Tidak Ada
Adegan setelah kredit film: Tidak Ada

Info Film

  • Tanggal Rilis 06 Januari 2017
  • Durasi 116 menit
  • Website http://www.arrivalmovie.com/
  • Sutradara Denis Villeneuve
  • Produser Dan Levine, Shawn Levy, David Linde
  • Produksi FilmNation Entertainment, Lava Bear Films, 21 Laps Entertainment
  • Distributor Paramount Pictures
  • Genre Science Fiction
  • Kelompok Umur 13+

Daftar pemain film Arrival

Review & Ulasan film Arrival

Film ini harus dilihat secara non-linear supaya anda bisa memahami pesan yang disampaikan

| Ditulis oleh:

Pada awalnya ketika mau menulis review untuk film ini saya merasa kesulitan. Ketika selesai menonton film ini, rasanya masih bingung saja dengan pesan apa yang mau disampaikan film ini kepada penonton. Ya, film ini mungkin akan sangat sukses membuat anda tertidur nyenyak, bahkan mungkin sampai mendengkur. Ah, itu seperti yang dialami teman kami saat menonton film ini. Entah karena film-nya yang membosankan, atau karena duduknya yang terlalu nyaman. Mungkin di rumahnya nggak ada sofa nyaman buat tidur atau memang jagoan tidur.

Kalau mengikuti film ini dari awal hingga akhir, jika anda mengharapkan sebuah film bertema alien dengan pendekatan yang selama ini jamak beredar, yaitu bahwa: Alien datang ke bumi untuk menyerang bumi, atau mengakuisisi bumi dan konsep-konsep serupa yang diangkat ke dalam film, maka saya pastikan anda akan kecewa berat. Kalau boleh dikatakan, film ini tampaknya sedikit mirip dengan film karya Steven Spielberg yang rilis pada tahun 1977, Close Encounters of the Third Kind.

Kembali ke Arrival, film ini bercerita tentang kedatangan 12 armada pesawat luar angkasa ke berbagai penjuru bumi. Manusia yang khawatir akan dampak kedatangan mereka mulai menyelidiki alasan serta tujuan mereka tiba-tiba datang di bumi. Berbagai upaya dilakukan untuk dapat mengetahui jawaban dari pertanyaan besar tersebut. Di berbagai negara, dilakukan penelitian, serta kontak komunikasi dengan makhluk luar angkasa tersebut dengan berbagai macam cara dan metode. Amy Adams, yang bermain sebagai seorang ahli bahasa (Louise Banks) diikutsertakan dalam misi tersebut. Dia dengan koleganya, seorang ilmuwan militer bernama Ian Donnelly (Jeremy Renner) harus mendapatkan jawaban tersebut dengan cepat, sebelum kekacauan di bumi berubah menjadi perang dunia.

Film ini tidak menawarkan sebuah tontonan aksi nan heroik seperti halnya film-film alien lainnya. Dimana sangat minim sekali adanya adegan tembakan, dan ledakan. Mungkin hanya ada satu ledakan besar yang ditampilkan (nonton sendiri ya), yang sedikit menjadi bumbu dalam cerita drama ini.

Dari awal film ini dimulai, kita sudah diajak untuk mengikuti kecepatan alur cerita, yang dibuat seperti aliran udara yang lembut. Apakah anda bisa merasakan? Saya merasakan seperti itu. Wajar bila kemudian kita menjadi sedikit terbuai dan seperti saya katakan tadi, mengantuk lalu tertidur. Plot waktu yang tidak beraturan, dimana menampilkan titik waktu sekarang dan bukan sekarang (rahasia), cukup membuat penonton dipaksa berpikir, maksudnya apa?

Film drama ini, menurut saya lebih kepada sebuah film kontemplatif (nah loh, apa lagi itu??), artinya sebuah film yang mengajak kita untuk melihat film ini lebih dalam, masuk kepada inti pesan film ini. Kalau boleh dikatakan, film ini seperti sebuah puisi yang ditulis dalam sebuah media audio visual. Atau jika anda tidak suka dengan pendekatan ini, mungkin saya bisa katakan bahwa, film ini seperti lukisan abstrak. Anda harus melihatnya secara global, bukan secara parsial. Harus memaknai film ini secara non-linear, bukan secara linear. Bagaimana cara melihat film ini secara eksplisit dikatakan dalam film itu sendiri, ketika Louise Banks (Amy Adams) menemukan bagaimana pola komunikasi dan cara berpikir aliens yang mereka ajak bicara.

Film ini ingin mengatakan, salah satunya adalah soal komunikasi atau soal bahasa. Soal bagaimana memahami pihak lain, supaya tidak terjadi kesalahpahaman. Soal bagaimana memahami latar belakang dan cara berpikir pihak lain supaya tidak terjadi konflik yang tidak perlu.

Jika membahas sosok pemainnya, Amy Adams dan Jeremy Renner bermain dengan cukup bagus menurut saya. Film ini tidak banyak tingkah. Boleh dikatakan film ini cukup "sunyi", dan ini harus didukung oleh aktor dan aktris yang tidak hanya bisa mengejawantahkan karakter yang dia mainkan dengan banyak bicara. Amy Adams dapat menampilkan itu dengan baik. Untuk Forest Whitaker, tampaknya dia selalu kesulitan untuk menerjemahkan sebuah karakter, di film ini dia kurang istimewa. Mungkin seharusnya dia membawakan karakter-nya dengan lebih kuat.

Nah, jadi film Arrival ini bagus tidak? Film ini akan cocok buat anda yang suka menikmati karya seni secara mendalam. Mau merenungkan / memikirkan hal yang transenden, karena kita diajak untuk berpikir hal itu dengan cara yang berbeda. Film ini akan menjadi sebuah ladang emas buat anda.
Buat anda yang menginginkan film aksi yang heroik, hanya menonton film sebagai sebuah hiburan saja, saya sarankan jangan nonton film ini. Karena hanya akan membuang waktu dan uang anda dengan percuma.

Terdapat berbagai sudut pandang, percakapan dan peristiwa dalam film ini yang mengajak kita untuk tidak hanya berpikir. Lebih dari itu, yaitu mengajak kita untuk merenungkan banyak hal. Pendapat saya ini mungkin akan berbeda dengan pendapat kebanyakan orang, tetapi seperti yang saya katakan tadi, bagaimana bisa lukisan abstrak bisa dihargai ratusan juta?

7/10

Trailer film Arrival

Berita Arrival

Curang, review film Arrival sudah bermunculan

Curang, review film Arrival sudah bermunculan

| Tidak ada komentar

Film alien terbaru karya Denis Vileneuve yang baru dirilis November mendatang dengan judul Arrival, ternyata reviewnya telah bermunculan. Kok bisa? Ya film ini telah ditayangkan pada ajang Venice Film Festival ke 73 yang diselenggarakan dari 31 Agustus sampai 10 September 2016. Film Arrival sendiri ditayangkan pada Kamis kemarin yang dihadiri pemain-pemainnya seperti Amy Adams dan […]

Ini dia lokasi-lokasi datangnya Alien di film Arrival

Ini dia lokasi-lokasi datangnya Alien di film Arrival

| Tidak ada komentar

Arrival akan hadir November mendatang, yang belum tau bisa liat info dan trailernya yang keren. Dari akun resmi twitternya terdapat 12 poster Arrival yang menampilkan penampakan kapal luar angkasa tersebut mendarat dibelahan bumi yang berbeda-beda. Sepertinya poster itu akan digunakan dinegara pas filmnya tayang dinegara tersebut. Berikut ini ke 12 poster yang menampilkan penampakan pesawat […]

Waow! dari Trailernya,

Waow! dari Trailernya, "Arrival" bakalan jadi film Alien yang keren

| Tidak ada komentar

Arrival merupakan sebuah film tentang alien yang disutradari oleh Denis Villeneuve, yeahh salah satu sutradara favorit. Oke nanti saja bahas si Denis, Arrival bercerita tentang kedatangan banyak pesawat luar angkasa yang besar dengan bentuk yang mirip kacang polong? Bentuk pesawatnya saja sudah misterius dan aneh, gimana bentuk aliennya nanti, yang dalam trailernya hanya terlihat seperti tentacle.

Komentar dan Review film Arrival

2 komentar untuk Arrival

  • Ghina Amania -

    Honestly, I'm still confused about what Louise said to General Shang. What does it mean "My wife's dying words"? I didn't understand ??

    Balas
    • Dhimas Ronggobramantyo -

      Lucky you, I'm confused about the whole movie

      Balas

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi