Poster Film Buffalo Boys
  • 5.5/10

Film Buffalo Boys (2018)

Sinopsis film Buffalo Boys

Menceritakan kehidupan masyarakat Indonesia diakhir abad 19 pada masa penjajahan Belanda. Dua orang kakak beradik yang bertahun-tahun diasingkan di Amerika, dimana era Cowboy berlangsung disana. Jamar (Ario Bayu) dan Suwo (Yoshi Sudarso) kembali ke tanah Jawa untuk membalaskan dendam ayah mereka yang merupakan seorang Sultan Jawa dan dibunuh oleh Belanda. Dibantu oleh Paman mereka dan sekelompok penduduk desa, mereka berusaha mengusir para penjajah di wilayah tersebut.

Adegan selama kredit film: Tidak Ada
Adegan setelah kredit film: Tidak Ada

Info Film

  • Tanggal Rilis 19 Juli 2018
  • Durasi 81 menit
  • Sutradara Mike Wiluan
  • Produser -
  • Produksi Screenplay Films, Infinite Studios, Zhao Wei Films
  • Distributor -
  • Genre Action
  • Kelompok Umur 17+

Daftar pemain film Buffalo Boys

Review & Ulasan film Buffalo Boys

Apresiasi untuk pembuat film Buffalo Boys walaupun masih banyak PR

| Ditulis oleh:

Film Buffalo Boys ini adalah cerita fiksi. Tentu saja logika tersebut sudah menjadi kacamata kita saat menonton film-film yang berbau sejarah. Akan ada hiperbola atau dramatisasi demi memuaskan standar penonton. kecuali ada penekanan dari pembuat film bahwa film yang dibuatnya berdasarkan kisah nyata atau setidaknya berdasar pada literatur sejarah yang sahih. Tetapi tidak. pembuat film, dalam hal ini adalah Mike Wiluan selaku sutradara, memberikan pernyataan bahwa pelajaran sejarah dari Buffalo Boys tidak seperti yang terjadi di ruang kelas, yang maksudnya adalah tidak membosankan. Tentu saja, eksplorasi imaji pada film bisa sangat leluasa dibandingkan pelajaran kaku di ruang kelas yang dipandu guru atau buku teks.

Ada banyak kejanggalan, kalo bisa saya sebutkan sebagai kejanggalan karena ada klaim ini adalah film sejarah. Latar film yang digambarkan sangat koboi Amerika menimbulkan pertanyaan di mana sebenarnya peristiwa terjadi, apakah benar di Jawa tetapi kok sangat Amerika. Apakah kita dulu dijajah oleh bangsa Amerika, bukan Belanda. Latar belakang judul film sepertinya kurang kuat. Alasan mengapa dua koboi Jawa memilih menunggang kerbau alih-alih kuda, padahal tidak jarang ada kuda di beberapa adegan, yang menandakan bahwa di Jawa pun ada kuda. Logika yang sepertinya dianggap sepele tapi menandakan bahwa skrip film lemah. Sangat disayangkan.

Karakter Kiona (Pevita Pearce) ingin menyampaikan pesan tentang kesetaraan gender pun hanya muncul di permukaan dan tidak mendalam akhirnya terasa nanggung.

Secara visual Buffalo Boys sangat menarik. Menampilkan lanskap Indonesia yang indah. Efek spesial yang digarap serius memanjakan mata penonton. Layaknya menonton film kelas atas Asia. Para jajaran pemeran top Indonesia dengan kemampuan beradu peran yang baik tetapi disayangkan dengan skrip yang kurang matang. Sehingga kurang memaksimalkan kemampuan para pemeran tersebut.

Apresiasi untuk para pembuat film Buffalo Boys yang berani memberikan warna baru bagi perfilman tanah air. Kekurangan bisa dijadikan pekerjaan rumah untuk pembuatan film yang akan datang!

5.5/10

Penulis:

Mengaku diri sebagai fotografer cum videografer sekaligus penggila film tapi takut film setan lokal.

Trailer film Buffalo Boys

Komentar dan Review film Buffalo Boys

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi