Poster Film Coco
  • 8/10

Sinopsis film Coco

Bercerita tentang ambisi musik tersembunyi dari seorang anak bernama Miguel (Anthony Gonzales) yang tinggal di desa yang ramai dan hidup di Meksiko. Ia berasal dari keluarga pembuat sepatu dan satu-satunya keluarga didesa tersebut yang membenci musik. Dari generasi kegenerasi keluarga Rivera dilarang menyukai musik karena dipercaya mereka dikutuk oleh musik. Berawal dari kakek nenek moyang Miguel yang melupakan istrinya karena mengejar impiannya dalam bermusik yang membuat Imelda istrinya memimpin keluarga Rivera dan menyatakan musik dilarang dikeluarga tersebut selamanya.

Tetapi sekarang Miguel sangat menyukai musik dan terinspirasi dari idolanya yang sudah meninggal Ernesto de la Cruz (Benjamin Bratt). Miguel ternyata memiliki hubungan yang unik dengan De la Cruz dan pada hari raya kematian Day of the Dead (Dia de los Muertos) yang diadakan setahun sekali di Meksiko, ia secara tidak sengaja memasuki dunia kematian. Miguel mencari De la Cruz tetapi malah bertemu arwah keluarga nenek moyangnya termasuk Imelda.

Adegan selama kredit film: Tidak Ada
Adegan setelah kredit film: Tidak Ada

Info Film

  • Tanggal Rilis 24 November 2017
  • Durasi 109 menit
  • Sutradara Lee Unkrich
  • Produser Darla K. Anderson
  • Produksi Pixar
  • Distributor Walt Disney Studios Motion Pictures
  • Genre Adventure, Animation
  • Kelompok Umur 13+

Daftar pemain film Coco

Review & Ulasan film Coco

Belajar tentang arti keluarga dan mengenal budaya Day of the Dead di Mexico lewat Coco

| Ditulis oleh:

Satu lagi film animasi yang di produksi Disney berkalaborasi dengan Pixal Studio, tayang di bioskop Indonesia. Coco merupakan film animasi yang bercerita tentang seorang anak laki-laki 12 tahun  bernama Miguel (Anthony Gonzalez) beserta keluarga besarnya. Film yang bersetting di Mexico ini merupakan film yang digarap dengan apik oleh sutradara Darla K. Anderson yang juga pernah menyutradarai Toy Story 3.

Terinspirasi dari hari libur nasional Meksiko, ‘Day of the Dead’ atau lebih dikenal dengan istilah Dia de Muertos, film ini menceritakan tentang petualangan Miguel yang tiba-tiba secara ajaib masuk kedunia kematian Land of the Dead saat ia berusaha menggapai mimpinya dan dengan terpaksa harus mencuri gitar milik sang musisi idolanya yang sudah meninggal, Ernesto de la Cruz (Benjamin Bratt). Miguel bercita-cita untuk menjadi seorang musisi seperti Ernesto, musisi terkenal yang berasal dari kampungnya. Tapi sayang, cita-cita Miguel ditentang oleh keluarga besarnya. Bagi keluarga Miguel, musik adalah kutukan. Kakek buyut Miguel tadinya adalah seorang musisi yang demi obsesinya rela pergi meninggalkan keluarga untuk mencapai mimpinya menyanyi ke berbagai pelosok dunia. Nenek Buyut Miguel, Mama Imelda (Alanna Ubach) yang ditinggal dengan putrinya bernama Coco, akhirnya harus bertahan hidup sendiri. Untuk memenuhi semua kebutuhan hidupnya, Mama Imelda akhirnya belajar untuk memproduksi sepatu dan berhasil menjadikan keluarga besar Miguel sebagai keluarga dengan keterampilan membuat sepatu yang terkenal. Sejak saat itu, musik menjadi hal yang dilarang dalam keluarga Miguel.

Dari awal Miguel memang merasa jika ia sangat berbeda dengan keluarganya yang lain. Bakatnya dibidang musik sangat alami. Kenyataan bahwa foto gitar kakek buyutnya sama persis dengan gitar milik Ernesto de la Cruz, meyakinkan Miguel bahwa bakat alami musik yang ia punya mengalir dari Ernesto. Setelah masuk ke Land of the Dead, Miguel memutuskan untuk pergi mencara Ernesto untuk mendapat restunya. Namun, usaha tersebut terhalang karena arwah Mama Imelda menghendaki Miguel untuk kembali ke Land of the Living (dunia nyata). Karena apabila Miguel tidak kembali ke Land of the Living saat matahari terbit, ia tak akan pernah bisa kembali kekehidupan nyata selamanya. Akankah Miguel berhasil mendapat restu dari Ernesto? Ataukah ia malah harus tinggal di Land of the Dead selamanya?

Coco berhasil menghipnotis kita walau dengan cerita konflik yang sederhana namun tetap mempesona, penuh dengan makna, dan pesan moral. Kita akan belajar tentang semangat untuk mengejar mimpi dan kehangatan tentang arti keluarga. Pengisi suara dalam film ini juga sangat okay karena aksen Bahasa Inggris yang digunakan dalam film ini adalah aksen dengan logat Mexico yang kental. Tidak hanya itu, Coco sepertinya berhasil memberikan setiap detail keadaan Mexico dan perayaan dan budaya Day of the Dead dengan sangat apik. Sinematografi film ini juga perlu diacungi jempol. Apalagi soundtrack musik ala Latin yang juga mengalun indah dan merdu dalam banyak adegan film ini seperti lagu “Remember Me” dan “Un Poco Loco” juga ikut menambah kekuatan karakter dan detail film ini. Tidak heran jika Coco menjadi film yang paling banyak ditonton sepanjang sejarah di Mexico.

Walaupun banyak menuai sanjungan, bukan berarti film Coco tidak mempunyai kekurangan lho! Coco juga sempat menjadi bahan pergunjingan karena dianggap menjiplak tema yang sama dengan film animasi The Book of Life (2014) yang juga menceritakan tentang Day of the Dead di Mexico.

Jangan lupa siapkan tissue jika berniat untuk nonton Coco!

8/10

Penulis:

on my way to be Fashion Designer

Trailer film Coco

Berita Coco

Justice League Hanya Bertahan Seminggu Di Puncak Box Office Amerika

Justice League Hanya Bertahan Seminggu Di Puncak Box Office Amerika

| Tidak ada komentar

Tampaknya pasar Amerika benar-benar pasar yang berat bagi Justice League, diminggu kedua penayangannya yang bertepatan dengan liburan Thanksgiving, film ini harus turun keperingkat kedua karena peringkat pertama diisi oleh Coco. Justice League memang mendapat rting yang tidak bagus dari kritikus yang sepertinya menyebabkan film ini mendapatkan penghasilan jauh dibawah harapan untuk pasar Amerika. Sementara Coco […]

Dante's Lunch film pendek terbaru dari Pixar

Dante's Lunch film pendek terbaru dari Pixar

| Tidak ada komentar

Walapun kemarin film Finding Dory gagal meraih Oscar, tetapi film pendek Pixar yang berjudul Piper berhasil mendapatkan Oscar. Sekarang Pixar kembali merilis film pendek yang berjudul Dante's Lunch. Ya kalau kalian belum tau, Dante ini anjingnya Miguel, karakter dalam film Pixar terbaru Coco.

Akhirnya teaser trailer dari film Coco keluar juga

Akhirnya teaser trailer dari film Coco keluar juga

| Tidak ada komentar

Setelah beberapa waktu yang lalu kita melihat foto dari salah satu adegan difilm Coco, akhirnya sekarang Pixar merilis teaser trailer terbarunya. Coco merupakan film kedua Pixar yang akan dirilis tahun 2017 ini, ya seperti tahun 2015 lalu ketika mereka merilis 2 film dalam 1 tahun yaitu Inside Out dan The Good Dinosaur, tahun 2017 ini […]

Komentar dan Review film Coco

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi