Poster Film Hidden Figures
  • 7.9/20
  • 92%
  • 7/10

Film Hidden Figures (2017)

Sinopsis film Hidden Figures

Berdasarkan kisah nyata ketika Amerika Serikat berlomba melawan Russia untuk membawa manusia ke luar angkasa. Cerita yang belum pernah diceritakan tentang Katherine G. Johnson (Taraji P. Henson), Dorothy Vaughan (Octavia Spencer) dan Mary Jackson (Janelle Monáe) yang merupakan 3 wanita berkulit hitam yang bekerja untuk NASA. Mereka menjadi otak dari sebuah operasi terbesar daalam sejarah yaitu meluncurkan astronot John Glenn ke orbit luar angkasa. Ketiga wanita ini yang dikenal dengan "manusia komputer" merupakan ahli matematika dan merupakan pahlawan bagi Amerika.

Adegan selama kredit film: Tidak Ada
Adegan setelah kredit film: Tidak Ada

Info Film

  • Tanggal Rilis 10 Maret 2017
  • Durasi 127 menit
  • Sutradara Theodore Melfi
  • Produser Peter Chernin, Donna Gigliotti
  • Produksi Fox 2000 Pictures, Chernin Entertainment, Levantine Films, TSG Entertainment
  • Distributor 20th Century Fox
  • Genre Biography, Drama, Historical
  • Kelompok Umur 13+

Daftar pemain film Hidden Figures

Review & Ulasan film Hidden Figures

Perempuan-perempuan Tangguh Afro-Amerika yang Menyelamatkan Muka Amerika

| Ditulis oleh:

Film ini bersetting sekitar tahun 1961, dimana warga Amerika dipisahkan berdasarkan warna kulit. Mereka saling ditempatkan dalam area, bahkan gedung yang terpisah. Kaum Afro-Amerika ini mendapatkan perlakuan yang berbeda, dan bahkan selalu diremehkan oleh orang-orang yang berkulit putih. Adalah Katherine, seorang wanita Afro Amerika yang sejak masa kecilnya sudah terlihat bakat kejeniusannya dalam hal matematika. Dia, bersama sahabat-sahabatnya, Mary jackson dan Dorothy Vaughan serta banyak wanita kulit hitam lainnya bekerja di sebuah unit khusus di NASA yaitu di West Area Computers sebagai "Komputer". Komputer adalah sebutan bagi mereka yang bekerja menyelesaikan perhitungan-perhitungan matematis yang rumit di NASA.

Sebagai wanita kulit hitam, mereka berpikir bahwa pekerjaan tersebut sudah menjadi puncak dari karirnya. Tak ada yang lebih baik yang bisa dicapai lebih dari itu. Namun hal tersebut berubah, ketika mereka mendapatkan promosi sementara di divisi yang berbeda-beda. Mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Bahkan di tengah cibiran dan tantangan teman-teman mereka yang kulit putih. Dengan dukungan dari supervisor mereka masing-masing, mereka memiliki kepercayaan diri untuk menunjukkan kemampuan mereka, dan memberikan hasil pekerjaan yang luar biasa.

Meskipun cerita dalam film ini bertitik berat pada karakter Katherine Johnson, karena dialah yang terlihat dominan dalam proses perhitungan koordinat dan lain sebagainya untuk misi John Glenn, namun kita juga tidak bisa mengabaikan begitu saja peran kedua teman-temannya. Mary Jackson yang adalah seorang insinyur penerbangan terlibat dalam mendesain pesawat yang digunakan John Glenn, serta Dorothy dengan kejeniusannya berhasil menguasai bahasa pemrograman FORTRAN secara singkat yang pada saat itu terbilang baru lalu membawa "anak buahnya" di West Area Computers untuk membantu IBM menyelesaikan permasalahan komputasi di divisi tersebut.

Masa itu merupakan masa-masa dimana Amerika tengah bersaing dengan Russia dalam hal misi peluncuran awak pesawat anatariksa. Dan ketegangan serta pertaruhan harga diri pun dimulai, ketika Russia mengumumkan bahwa mereka telah berhasil penempatkan pesawat antariksa-nya di orbit. Mau tidak mau NASA harus mengejar ketertinggalannya dan mempekerjakan siapapun yang memiliki otak jenius untuk menyelesaikan pekerjaan dan mengejar ketertinggalan mereka.

Secara umum, film ini salah satunya ingin bercerita tentang kegigihan, kepercayaan diri dan keberanian ditengah segala permasalahan dan himpitan yang seakan-akan telah mengalahkan mereka.

Film yang dibuat dengan alur yang sederhana serta menunjukkan kondisi saat itu namun berlebihan ketika mengangkat isu-isu rasial di era itu.

Menurut saya film ini sangat bagus sebagai tontonan keluarga, mengingat tema yang diangkat cukup universal dan mengangkat fakta yang terjadi dengan cara yang bagus. Anak usia SMP saya rasa sudah bisa memahami maksud dari film ini.

7/10

Trailer film Hidden Figures

Komentar dan Review film Hidden Figures

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi