Poster Film Insya Allah, Sah!
  • 6/10

Film Insya Allah, Sah! (2017)

Sinopsis film Insya Allah, Sah!

Silvi (Titi Kamal) merupakan wanita kekinian yang seksi, gaul dan merupakan fashion designer yang karirnya melejit. Ia memiliki satu tujuan yaitu ingin menikah dengan Dion (Richard Kyle). Suatu hari ia pergi kekantor Dion tetapi ia malah terjebak didalam lift dengan Raka (Pandji Pragiwaksono) yang merupakan teman Dion. Ia pria yang lugu dan religius, Silvi didalam lift bernazar jika ia selamat maka ia akan berubah menjadi wanita yang baik dan meninggalkan kelakukan-kelakuan buruknya. Tiba-tiba pintu lift terbuka dan ia sekarang dibayangi Raka yang selalu menyindir dan mengingatkan nazarnya.

Adegan selama kredit film: Tidak Ada
Adegan setelah kredit film: Tidak Ada

Info Film

  • Tanggal Rilis 25 Juni 2017
  • Durasi 97 menit
  • Sutradara Benni Setiawan
  • Produser Manoj Punjabi
  • Produksi MD Pictures
  • Distributor -
  • Genre Comedy
  • Kelompok Umur 13+

Daftar pemain film Insya Allah, Sah!

Review & Ulasan film Insya Allah, Sah!

Film bertabur cameo dengan cerita yang menghibur, ringan, namun penuh dengan pesan moral.

| Ditulis oleh:

Insya Allah, Sah! adalah film yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama karangan Achi TM yang terbit tahun 2015. Di bawah naungan MD Pictures, film dengan genre drama komedi ini sukses digarap dengan apik oleh Benni Setiawan. Penasaran bagaimana ceritanya?

Insya Allah, Sah! bercerita tentang kehidupan tokoh utama Silvi (Titi Kamal) yang berencana akan menikah dengan pacarnya, Dion (Richard Kylie). Silvi adalah seorang fashion designer yang memiliki butik terkenal di kota Bandung, sedangkan Dion adalah seorang pengusaha pemilik lebel record lumayan besar. Awal cerita bermula pada hari di mana Dion akan melamar Silvi. Hari itu adalah hari yang paling sial bagi Silvi karena pada saat dia akan menemui Dion, berbagai musibah hadir menimpa dirinya bertubi-tubi. Mulai dari “disemprot” klien, bertengkar dengan banci di lampu merah, ditilang polisi, sampai terakhir ban mobilnya bocor. Tidak mau menyerah, Silvi yang memang sudah “ngebet” ingin menikah dan tahu Dion sudah pergi dari resto tempat mereka janjian, segera mengejar Dion ke kantornya. Ternyata kesialan masih menghatui Silvi karena pada saat naik lift sesampainya di kantor Dion, lift mati dan ia terjebak di lift bersama seorang pemuda lucu dan alim bernama Raka (Pandji Pragiwaksono). Dalam posisi panik antara hidup mati dan emosi yang tak terkontrol di dalam lift, Silvi mengucap nazar yang diamini oleh Raka. Tak lama setelah nazar terucap, tiba-tiba lift terbuka dan Dion ada di depan lift untuk melamar SIlvi. Akan kan rencana pernikahan mereka berjalan mulus?

Pemeran utama seperti Titi Kamal dan Pandji Pragiwaksono memerankan tokoh Silvi dan Raka dengan acting yang juara. Silvi yang judes dan rempong diperankan dengan sangat baik oleh Titi Kamal, sedangkan Raka yang polos, culun, alim dan berkarakter kuat diperankan dengan sangat okay oleh Pandji Pragiwaksono. Ia berhasil tampil berbeda pada film ini. Bisa dibilang, Raka adalah perpaduan antara setengah Aa Gym dan setengah Cecep. Siapa sih Cecep? Itu lho tokoh yang hits di tahun 2004 karena filmnya Si Cecep yang diperankan oleh Anjasmara. Tapi sayang, akting Richard Kylie tidak terlalu bagus di film ini. Hal ini membuat chemistry antara Silvi dan Dion kurang terbentuk. Tapin jangan khawatir, hal tersebut tertolong oleh ketampanan kok… Duh…

Hal lain yang menarik dalam film ini adalah banyaknya cameo yang meramaikan film ini seperti Reza Rahardian, Marcella Zalianti, Fitri Tropika, Prilly Latuconsina, Happy Salma, dan Arie Untung. Uniknya beberapa cameo tersebut seperti disangkutkan dengan peran mereka pada film MD Pictures lain, contohnya keluarnya Prilly Latuconsina yang diiringi oleh backsound film Danur dan pandangan horror. Kita yang sudah pernah menonton film-film MD Pictures yang lainnya pasti akan sadar akan hal itu dan tertawa dibuatnya. Selain cameo yang sangat banyak, film yang mulai tayang Lebaran 2017 ini juga didukung penampilan Donita, Ira Maya Sopha, Joe Project Pop, Lidya Kandau, Arie Tulang, Tanta Ginting dan Deddy Mizwar, Adit Erwandha, Bayu Skak, Alexa Key, Gary Iskak dan masih banyak lagi.

Dari segi cerita, film ini tidak jauh berbeda dengan novelnya. Namun, seperti film yang diadaptasi dari novel pada umumnya, pasti ada beberapa part yang ada di novel tapi tidak ditayangkan pada film. Hal ini terasa pada part Silvi memutuskan untuk berhijrah dan berhijab. Masih kurang terasa gregetnya gimana gitu karena proses yang sepertinya sangat cepat dan instant. Tapi over all, film ini masih layak untuk ditonton karena lumayan lucu dan yang penting adalah sarat akan nilai-nilai moral. Penasaran ga sih kalo sih kalo Silvi sudah berhijrah Dion masih mau nikah sama Silvi atau ga? Yuk tonton Insya Allah, Sah! di bioskop kesayangan kamu.

6/10

Penulis:

on my way to be Fashion Designer

Trailer film Insya Allah, Sah!

Berita Insya Allah, Sah!

4 (Empat) Film Indonesia Ini Nekat Menantang Transformers: The Last Knight, Dan Mau Memeriahkan Lebaran Anda

4 (Empat) Film Indonesia Ini Nekat Menantang Transformers: The Last Knight, Dan Mau Memeriahkan Lebaran Anda

| Tidak ada komentar

Hari raya Idul Fitri tahun ini rupanya juga disambut oleh para film maker Indonesia, yaitu dengan merilis film-filmnya tepat pada tanggal 1 Syawal 1438 H. Sebenarnya saya cukup heran dengan keberanian(atau kalau boleh saya sebut nekat) dengan "menantang" film yang sedang booming di dunia. Ya, siapa sih yang nggak pingin nonton Transformers? Film yang membuat […]

Komentar dan Review film Insya Allah, Sah!

1 komentar untuk Insya Allah, Sah!

  • Lindo -

    Maju terus film Indonesia

    Tetap berkarya untuk Indonesia

    Balas

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi