Poster Film Pengabdi Setan
  • 8/10

Film Pengabdi Setan (2017)

Sinopsis film Pengabdi Setan

Setelah sakit-sakitan dengan penyakit yang tidak diketahui selama 3 tahun, seorang Ibu akhirnya meninggal dunia. Suaminya yaitu Suwono (Bront Palarae) meninggalkan anak-anaknya untuk kerja di luar kota. Keadaan mulai aneh ketika Rini (Tara Basro) salah satu anak perempuan Suwono merasakan kehadiran Ibu mereka. Demikian juga adik-adiknya yang melihat kehadiran Ibu mereka. Mereka semakin takut ketika mengetahui bahwa Ibu mereka bukan sekedar datang, tetapi ingin menjemput mereka.

Adegan selama kredit film: Tidak Ada
Adegan setelah kredit film: Tidak Ada

Info Film

  • Tanggal Rilis 28 September 2017
  • Durasi 107 menit
  • Sutradara Joko Anwar
  • Produser -
  • Produksi Rapi Films
  • Distributor -
  • Genre Horror
  • Kelompok Umur 13+

Daftar pemain film Pengabdi Setan

Review & Ulasan film Pengabdi Setan

Salah satu film Horror Indonesia terseram yang pernah ada

| Ditulis oleh:

Sebenarnya saya mau menonton film ini belakangan, pas udah agak sepi, jadi nggak ramai penuh orang bioskopnya, biar dapat suasana seramnya. Tetapi karena sudah gatel & penasaran banget sama filmnya, jadilah nonton film Pengabdi Setan ini. Saya menonton bersama teman saya yang kebal nonton horror dan paling nggak suka nonton horror Indonesia. Dan setelah nonton film ini ia berkomentar "Bangke, serem filmnya, sampe capek nontonnya".

Pengabdi Setan merupakan film remake tahun 80'an dengan judul yang sama. Saya belum nonton film aslinya, belum lahir juga tahun 1980, jadi saya akan mereview tanpa membandingkan film yang dulu. Film ini mengambil setting menjelang tahun 90'an disebuah rumah kuno yang ditinggali oleh keluarga yang bisa dibilang tidak taat beragama. Ayah mereka yang diperankan oleh aktor Malaysia Bront Palarae menggadaikan rumah mereka untuk biaya pengobatan Ibu mereka yang mantan penyanyi terkenal dan selama 3 tahun terakhir sakit-sakitan dengan penyakit yang misterius.

Mereka memiliki 4 anak dimana yang tertua adalah Rini dan diperankan oleh Tara Basro, anak kedua bernama Toni yang masih SMA dan 2 lainnya yang masih kecil yaitu Bondi dan yang paling kecil Ian yang bisu. Akting anak-anak ini cukup bagus, dan memang konsep menggunakan anak-anak sebagai film horror cukup efektif dalam menciptakan kengerian.

Setelah Ibunya meninggal, Ayah mereka harus pergi keluar kota selama beberapa hari, sehingga hanya mereka berempat dan nenek mereka yang berada dirumah. Kejadian aneh mulai terjadi ketika Ibu mereka yang sudah meninggal mulai datang kembali. Kalau nonton film ini jadi ingat bermacam-macam film horror yang belakangan ini tayang, ya Valak nya Conjuring lah, suara loncengnya si Jane Doe (mirip banget suara loncengnya), anak-anak Loser Club lah. Saya nggak akan cerita panjang lebar tentang ceritanya, biar pada penasaran.

Film ini disutradarai oleh Joko Anwar, sutradara narsis yang sering jadi cameo dibanyak film, termasuk film Pengabdi Setan ini. Saya menyukai film Modus Anomali nya Joko Anwar yang ceritanya mind-blowing. Dan saya harus mengakui saya juga menyukai film Pengabdi Setan ini, karena cukup seram.

Suasana seram film ini didukung dengan suasana rumah yang memang kuno dan menyeramkan. Juga permainan kamera yang bergerak mengikuti seakan-akan kita berada disana. Permainan fokus, perpindahan kamera merupakan kekuatan difilm ini yang cukup efektif memberikan unsur seram. Apalagi dengan peran utama anak-anak yang jelas menambah seram film ini. Dari awal Anda sudah disuguhkan adegan-adegan seram yang membuat Anda kaget, ya walaupun dibagian akhir agak mengendur seramnya.

Nggak cuma seram, ternyata difilm ini juga diselipi banyak adegan lucu, tingkah lucu polos anak-anak yang membuat penonton tertawa, sebentar. Karena kemudian Anda akan dikagetkan lagi dengan adegan seram yang diiringi dengan musik yang juga mencekam.

Kekurangan difilm ini adalah banyaknya hal-hal yang tidak terjelaskan, membuat kita bertanya-tanya, bingung dengan inti ceritanya. Saya curiga jangan-jangan kalau kita sudah menonton film Pengabdi Setan yang asli mungkin akan lebih paham dengan ceritanya, karena sepertinya banyak hal-hal yang hanya diketahui bagi kita yang sudah menonton film aslinya. Yang jelas saya akan menonton lagi film ini untuk mengetahui hal-hal yang membingungkan tersebut, mungkin saja terlewatkan karena penonton disibukkan dengan adegan-adegan seram difilmnya. Ya, nonton lagi sekalian mencari-cari hal-hal atau benda-benda yang missed untuk era 80'an 😏

Secara keseluruhan, film ini sangat saya rekomendasikan bagi Anda pecinta film horror. Berbeda dengan film-film horror Indonesia lainnya. Oh iya jangan lupa berhati-hati jika ada orang yang menyebar biji saga dihalaman rumah kalian.

8/10

Penulis:

Web Designer lokal yang hobi nonton dan menjadi penulis tetap di bioskoptoday.com, jangan lupa untuk follow Twitter dan Instagramnya.

Trailer film Pengabdi Setan

Berita Pengabdi Setan

Ini dia jadwal nonton bareng (nobar) meet & greet film Pengabdi Setan

Ini dia jadwal nonton bareng (nobar) meet & greet film Pengabdi Setan

| 1 komentar

Salah satu film horror yang dinanti-nanti tahun ini adalah Pengabdi Setan. Film yang merupakan remake dari film tahun 1980 ini akan dirilis pada tanggal 28 September mendatang. Untuk film remake nya kali ini digawangi oleh Joko Anwar dan masih diproduksi oleh Rapi Films yang dulu juga merupakan rumah produksi untuk film originalnya.

Ini dia trailer 'Pengabdi Setan' karya Joko Anwar

Ini dia trailer 'Pengabdi Setan' karya Joko Anwar

| Tidak ada komentar

Darminah mana nih kok nggak keliatan. Bagi Anda yang mengikuti perkembangan film pasti sudah mengetahui kalau salah satu film horror paling seram dari Indonesia yang dirilis tahun 1980 dan terkenal sampai ke mancanegara akan diremake ulang. Ya, film Pengabdi Setan akan dibuat ulang dan akan dirilis pada September mendatang tepatnya tanggal 28 September 2017.

Komentar dan Review film Pengabdi Setan

2 komentar untuk Pengabdi Setan

  • kolodit -

    film horror memang seru

    Balas
  • ahmad zizan farid -

    film pengabdi setan tayang sampai kapan min??

    Balas

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi