Poster Film Wonder
  • 8.1/10
  • 85%
  • 7.5/10

Sinopsis film Wonder

Menceritakan kisah yang menginspirasi dari August Pullman (Jacob Tremblay) yang terlahir dengan kelainan wajah, ia tidak pernah kesekolah yang biasanya dilakukan anak-anak seumurannya, ia hanya belajar privat diajar oleh Ibunya (Julia Roberts) dirumahnya. Tetapi ia mulai masuk kesekolah ke kelas 5 ketika tubuhnya mulai seumuran anak kelas 5. Dengan perbedaannya ia kini harus berusaha membaur dalam komunitas lingkungan sekolah dan lingkungan sekitarnya.

Adegan selama kredit film: Tidak Ada
Adegan setelah kredit film: Tidak Ada

Info Film

  • Tanggal Rilis 08 Desember 2017
  • Durasi 113 menit
  • Sutradara Stephen Chbosky
  • Produser -
  • Produksi Lionsgate, Mandeville Films, Participant Media, Walden Media, TIK Films
  • Distributor Lionsgate
  • Genre Children's/Family, Drama
  • Kelompok Umur 13+

Daftar pemain film Wonder

Review & Ulasan film Wonder

Film drama keluarga yang terasa sangat natural dengan dialog yang sarat makna dan selipan humor yang menghibur ala American.

| Ditulis oleh:

Wonder adalah sebuah film yang diangkat dari sebuah novel berjudul sama karya dari R.J. Palacio. Film drama keluarga ini disutradarai oleh Stephen Chbosky dan naskah skenarionya ditulis oleh Steve Conrad. Sutradara Stephen Chbosky sendiri sebelumnya juga pernah menggarap film hipster berjudul  The Perks of Being a Wallflower tahun (2012).

Diproduksi oleh rumah produksi Lionsgate, film ini menceritakan tentang kehidupan sebuah keluarga di Amerika yang berbeda dari keluarga lainnya. Anak bungsu dari keluarga tersebut yang bernama August Pullman atau yang biasa dipanggil Auggie (Jacob Tremblay) memiliki kelainan dari lahir. Ia menderita craniofacial disease atau kelainan craniofacial — kelainan yang terjadi pada kepala dan seluruh organ yang berada di kepala. Pada usianya yang ke 10 tahun, Auggie sudah menjalani 27 operasi termasuk operasi plastik. Wajah Auggie berbeda dari manusia kebanyakan. Kasus-kasus craniofacial termasuk jarang (sekitar 7% per kelahiran), maka seseorang yang mengalamai kelainan kraniofasial akan jelas tampak berbeda.

Auggie belum pernah sekalipun menginjak bangku sekolah. Selama ini ia hanya home schooling di damping oleh ibundanya Isabel (Julia Roberts). Isabel rela menunda thesisnya setelah Auggie lahir dan focus hanya untuk menjaga Auggie sampai Auggie sebesar ini. Karena Isabel sangat menyayangi Auggie, ia ingin Auggie menjadi seperti anak lainnya yang memiliki banyak teman dan bergaul dengan lingkungan sosial yang lebih besar. Ia membujuk suaminya Nate (Owen Wilson) untuk menyetujui memasukkan Auggie ke sekolah biasa.

Masuknya Auggie ke sekolah biasa, menjadi salah satu persoalan utama pada film ini. Pada awalnya Auggie bersikeras menolak disekolahkan. Ia cemas menemui orang-orang baru. Ia sudah bisa memprediksi reaksi anak-anak di sekolah ketika pertama kali melihatnya. Anak-anak kecil seumurannya tidak terbiasa melihat sesuatu yang aneh termasuk wajah Auggie. Mereka tak bisa menutupi rasa terkejut ketika bertemu Auggie. Tak sedikit yang ternganga, menutup mulut, berkata kasar, bahkan melarikan diri saat berpapasan dengannya. Bahkan awalnya anak yang bersentuhan dengan Auggie akan dianggap ikut terkena "wabah".

Auggie menyadari dirinya spesial. Dari tampilan luar ia memang berbeda, tapi sebenarnya, ia sama dengan anak-anak lain. Ia gemar bermain di taman, ia menggilai Star Wars , ia bermimpi menjadi astronot, dan ia sangat pintar dalam pelajaran sains. Tapi, ketakutan Auggie lenyap ketika ia bersahabat dengan Jack Will (Noah Jupe). Sekarang ia mempunyai teman baru yang memiliki hobi sama, bermain Minecraft. Saat mental Auggie membaik, kakak perempuan Auggie, Via (Izabela Vidovic) malah memiliki masalah lainnya. Apakah keluarga Pullman berhasil melalui keadaan sulit tersebut dengan baik dan mulus?

Wonder adalah film yang sarat akan pesan moral. Stephen Chbosky sukses menyalurkan kehangatan keluarga bagi siapapun yang menonton film ini. Dari film ini, kita akan belajar bagaimana memperlakukan orang lain yang kurang beruntung, belajar menghargai perbedaan, dan menolong sesama. Cerita dalam film ini terasa sangat natural. Tidak ada unsur yang sengaja di dramatisir. Semua dialog sangat sarat makna dengan selipan humor-humor yang menghibur ala American.

Uniknya lagi, film ini tidak hanya menggunakan satu sudut pandang melainkan beberapa sudut pandang dalam menghadapi situasi yang sama.  Peran Jacob Tremblay sebagai Auggie juga perlu diacungi jempol. Ia benar-benar dapat memerankan karakter Auggie sebagai anak yang menderita kelainan kraniofasial dengan sangat brilliant.

Kita harus berterima kasih kepada Palacio dan Chbosky karena telah mengingatkan kita untuk bersyukur dan lebih peka terhadap sesama yang memiliki keterbatasan fisik dan mental.

Jangan lupa siap-siap tissue ya sebelum nonton Wonder!

7.5/10

Penulis:

on my way to be Fashion Designer

Trailer film Wonder

Komentar dan Review film Wonder

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi